February 8, 2013

ISBD


Mampukah kita mebangun bangsa ditengah – tengah modernisasi dan globalisasi dalam arus yang semakin kuat?
Pada dasarnya setiap masyarakat menginginkan perubahan dari keadaan tertentu kearah yg lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan yang lebih maju dan makmur. keinginan akan adanya perubahan itu adalah awal dari suatu peroses merdenisasi. Berikut ini adalah beberapa pengertian modernisasi dari beberapa pakar:
·         Wilbert E moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.
·         J W School, modernisasi ada suatu transformasi, suatu perubahanmasyarakat dalam segala aspek-aspeknya.
Berdasar pada dua pendapat diatas, secara sederhana modernisasi dapat diartikan sebagai perubahan masyarakat dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern dalamseluruh aspeknya. bentuk perubahan dalam pengertian modernisasi adalah perubahan yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasa diistilahkan dengan social planning.

Globalisasi adalah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masayarakat yang sebelumnya terpancar-pancar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuandunia. Globalisasi tidak dapat dihindari bagi setiap bangsa dan negara, sementara globalisasi mengandung fenomena sebagai berikut.
Homogenesis merupakan senuah fenomena globalisasi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi yang dapat menyebar ke masyarakat global. dampaknya nilai-nilai budaya, vatalitas, dan potensi yang asli ditinggalkan dan nilai-nilai yang tlah dipaket dan produksi secara masal (seperti melalui TV, Radio,dkk), diiklankan dan dijual ke pasar lalu diadopsi beramai-ramai. negara-negara yang masih mengimpor teknologi komunikasi dan informaasi kebanyakan negara-negara berkembang yang akan selalu mengalami masa ketergantungan yang berkepanjangan pada negara maju yang membuat peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi dan komunikasi menjadikan dunia semakin terbuka dan terintegrasi. jarak todak lagi menjadi hambatan untuk melakukan komunikasi dan segala informasi dunia dapat diketahui dengan mudah, arus globalisasi terus berkembang tanpa dapat dikendalikan bahkan ditolak.
pada akhir abad ke-20 dunia banyak mengalami perubahan dan tantangan. kemajuan teknologi melahairkan keterbukaan yang semakin besar dan batas antar negara menjadi semu. akibatnya ketergantungan satu bangsa dengan bangsa lainnyasemakin terasa. proses globalisasi pembangunan dunia ditandai dengan perjanjian Bretton Woods yang diselenggarakan di Amerika Serikat, juli 1944 dan dibentukalah dualembaga berdasarkan perjanjian tersebut yaitu Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (international Monetary Fund/IMF).
Dunia telah memasuki era globalisasi olehkarna itu dibutuhkan prespektif global merupakan suatu cara pandang dan wawasan untuk melihat bahwa dunia sangat dipengaruhi oleh arus globalisasi dan produk global sehingga hampir semua bangsa saling ketergantungan, mempengaruhi, dan berhubungan antara berbagai kebudayaan, sistem ekologi, politik, ekonomi, dan teknologi dalam konteks global.
prespektif global dibutuhkan apabila suatu negara ingin memasukin era globalisasi yang penuh tantangan dan persaingan agar tidak mudah kehilangan arah dan terseret arus perubahan zaman.
Oleh karna itu ada enam wawasan global yang harus dimiliki suatu negara, yaitu :
1. Wawasan yang luas dan selalu melihat suatu fenomena dalam konteks global.
2. Menghargai lebih pada proses dari pada struktur hirarkis formal.
3. Menghargai kerjasama multikultural dan keragaman, fleksibilitas, dan kepekaan.
4. Melihat perubahan sebagai kesempatan sehingga terbiasa dengan situasi yang tidak menentu
5. Terus menerus mempertajam keabsahan paradigmanya sendiri.
6. Menyadari bahwa kehidupan didunia serta kompleks dan oenuh dengan kekuatan yang kontraktif sehingga memerlukan manajemen konflik.
Dimensi pokok yang dapat dijadikan dasar pengetahuan dan sumber inspirasi untuk menentukan langakah strategis dan antisipasi perkembangan global dimasa yang akan datang yaitu, Globalisasi ekonomi merupakan motor penggerak terjadinyaglobalisasi yang ditandai dengan era pandangan bebas. Dapat terlaksana dengan adanya kerjasama ekonomi baik tingkat bilateral, regional, maupun internasional didukunh dengan adanya rasa keterbukaan dan mendapat keuntungan bersama diantara negara yang terlibat dalam kerjasama ekonomi harus diikuti oleh negara ditengah menguatnya sistem perdagangan bebas dunia dalam era globalisasi. Terjadinya pasar bebas disebabkan karena adanya keputusan politik yanh dibuat oleh para pemimpinnegara yang terlibat dalam analisi ekonomo sehingga tidak ada kerjasama ekonomi glonal tanpa diawali keputusan politik. Contoh, bentuk kejasama yang diwarnai unsur politik adalah GNB dan OKI
Dalam bidang budaya globalisasi diartikan sebagai sesuatu yang dipelajari dan secara mekanisme adaptasi yang diwarisi secara turun menurun menyangkut aspek: pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan segala kebiasaaan sebagai anggota masyarakat.Dalam era globalisasi, keterbukaan informasi memungkinkan seseorang mengadopsi nilai-nilai pengetahuan dan kebiasaaan diluar lingkungan sosialnya dan jauh dari jangkauan secara fisik (orang tua maupun orang terdekat) sebab dapat dilakukan oleh media massa yang bahkan dapat menjadi prilaku global yang berkembang dimasyarakat suatu negara

No comments: